Corporate social responsibility ("CSR" untuk jangka pendek, dan juga disebut nurani perusahaan, kewarganegaraan, kinerja sosial, atau bisnis yang bertanggung jawab berkelanjutan adalah bentuk peraturan perusahaan sendiri diintegrasikan ke dalam model bisnis. CSR kebijakan berfungsi sebagai mekanisme built-in, mengatur diri sendiri dimana bisnis memonitor dan memastikan kepatuhan aktif dengan semangat hukum, standar etika, dan norma-norma internasional. Tujuan dari CSR adalah untuk menerima tanggung jawab atas tindakan perusahaan dan mendorong dampak yang positif melalui kegiatan pada lingkungan, konsumen, karyawan, masyarakat, stakeholder dan semua anggota lain dari ruang publik. Selanjutnya, usaha CSR yang berfokus secara proaktif akan mempromosikan kepentingan publik oleh pertumbuhan masyarakat dan mendorong pembangunan, dan sukarela menghilangkan praktek-praktek yang merugikan lingkup publik, terlepas dari legalitas. CSR adalah dimasukkannya sengaja kepentingan publik menjadi perusahaan-pengambilan keputusan, dan menghormati dari triple bottom line: orang, planet, dan keuntungan.
" Corporate social responsibility " istilah masuk untuk umum digunakan pada awal tahun 1970, setelah banyak perusahaan multinasional terbentuk. Istilah stakeholder, yang berarti orang pada siapa kegiatan organisasi memiliki dampak, digunakan untuk menggambarkan pemilik perusahaan di luar pemegang saham sebagai hasil dari sebuah buku yang berpengaruh oleh R. Edward Freeman, Strategis manajemen: pendekatan stakeholder pada tahun 1984. Para pendukung berdebat. bahwa perusahaan membuat keuntungan jangka yang lebih panjang dengan beroperasi dengan perspektif, sedangkan kritik yang mengatakan bahwa CSR mengalihkan perhatian dari peran ekonomi bisnis. Lain menyatakan CSR hanya window-dressing, atau upaya untuk lebih dulu peran pemerintah sebagai pengawas atas perusahaan multinasional yang kuat.
CSR berjudul untuk membantu misi organisasi serta panduan untuk apa perusahaan singkatan dan akan menjunjung tinggi kepada konsumennya. Pengembangan etika bisnis adalah salah satu bentuk etika terapan yang meneliti prinsip-prinsip etika dan masalah moral atau etika yang dapat timbul dalam lingkungan bisnis. ISO 26000 adalah standar internasional yang diakui untuk CSR (saat ini Draft Standar Internasional). organisasi sektor publik (PBB misalnya) mematuhi triple bottom line (TBL). Sudah diterima secara luas bahwa CSR menganut prinsip-prinsip yang sama tetapi dengan tidak ada tindakan formal undang-undang. PBB telah mengembangkan Prinsip untuk Investasi Bertanggung jawab sebagai pedoman untuk investasi entitas.
Pendekatan
Beberapa komentator telah mengidentifikasi perbedaan antara Eropa Kontinental dan pendekatan Anglo-Saxon untuk CSR Dan bahkan di Eropa diskusi tentang CSR sangat heterogen
Pendekatan untuk CSR yang semakin banyak diterima adalah pendekatan pembangunan berbasis masyarakat. Dalam pendekatan ini, perusahaan bekerja sama dengan masyarakat lokal untuk memperbaiki diri sendiri. Sebagai contoh, keterlibatan Shell Foundation di Flower Valley, Afrika Selatan. Dalam Bunga Valley mereka mendirikan sebuah Early Learning Centre untuk membantu mendidik anak-anak masyarakat serta mengembangkan keterampilan baru untuk orang dewasa. Marks and Spencer juga aktif dalam komunitas ini melalui pembangunan jaringan perdagangan dengan masyarakat - menjamin pembelian rutin perdagangan yang adil. Seringkali kegiatan perusahaan yang berpartisipasi dalam membangun sarana pendidikan untuk orang dewasa dan HIV / AIDS program pendidikan. Sebagian besar proyek-proyek CSR didirikan di Afrika. JIDF Untuk Anda, adalah sebuah usaha untuk mempromosikan kegiatan ini di India.
Pendekatan yang lebih umum dari CSR filantropi. Ini termasuk sumbangan moneter dan bantuan yang diberikan kepada organisasi lokal dan masyarakat miskin di negara-negara berkembang. Beberapa organisasi [siapa?] Tidak menyukai pendekatan ini karena tidak membantu membangun keterampilan masyarakat setempat, bahwa pembangunan berbasis masyarakat pada umumnya mengarah ke pembangunan yang lebih berkelanjutan. [Klarifikasi diperlukan Perbedaan antara org lokal & komunitas-dev? Cite]
Pendekatan lain untuk CSR abcd adalah untuk menggabungkan strategi CSR langsung ke dalam strategi bisnis organisasi. Misalnya, pengadaan Fair Trade teh dan kopi telah diadopsi oleh berbagai bisnis termasuk KPMG. Its manajer CSR berkomentar, "Fairtrade cocok sangat kuat ke dalam komitmen kami terhadap masyarakat kami."
Pendekatan lain adalah mengumpulkan meningkatkan minat tanggung jawab perusahaan. Ini disebut Menciptakan Shared Value, atau CSV. Model nilai bersama ini didasarkan pada gagasan bahwa keberhasilan perusahaan dan kesejahteraan sosial saling bergantung. Sebuah perusahaan membutuhkan tenaga kerja, kesehatan terdidik, sumber daya yang berkelanjutan dan pemerintah mahir untuk bersaing secara efektif. Bagi masyarakat untuk berkembang, usaha yang menguntungkan dan kompetitif harus dikembangkan dan didukung untuk menciptakan penghasilan, kekayaan, pendapatan pajak, dan kesempatan untuk filantropi. CSV mendapat perhatian global dalam artikel Harvard Business Review Strategi & Masyarakat: Link antara Competitive Advantage dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan [1] oleh Michael E. Porter, seorang otoritas terkemuka di strategi bersaing dan kepala Institut Strategi dan Daya Saing di Harvard Business sekolah, dan Mark R. Kramer, Senior Fellow di Kennedy School di Harvard University dan pendiri FSG Dampak Sosial Advisors. Artikel ini memberikan pemahaman dan contoh-contoh yang relevan dari perusahaan yang telah mengembangkan hubungan yang mendalam antara strategi bisnis mereka dan tanggung jawab sosial perusahaan. Banyak pendekatan untuk bisnis pit CSR terhadap masyarakat, menekankan keterbatasan biaya dan kepatuhan terhadap standar-standar sosial dan lingkungan eksternal yang dipaksakan. CSV mengakui trade-off antara profitabilitas jangka pendek dan tujuan sosial atau lingkungan, tetapi lebih memfokuskan pada peluang untuk keunggulan kompetitif dari membangun proposisi nilai sosial ke dalam strategi perusahaan.
Banyak perusahaan menggunakan strategi benchmarking untuk bersaing dalam industri masing-masing dalam kebijakan CSR, pelaksanaan, dan keefektifan. Pembandingan melibatkan meninjau inisiatif pesaing CSR, serta pengukuran dan evaluasi dampak yang kebijakan terhadap masyarakat dan lingkungan, dan bagaimana pelanggan memandang strategi pesaing CSR. Setelah studi komprehensif strategi pesaing dan meninjau kebijakan internal yang dilakukan, perbandingan dapat ditarik dan strategi yang dikembangkan untuk kompetisi dengan inisiatif CSR.
dikutip dari : http://en.wikipedia.org/wiki/Corporate_social_responsibility
Tidak ada komentar:
Posting Komentar